Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik Kedatangan Habib Rizieq di Indonesia

5 Fakta Menarik Kedatangan Habib Rizieq di Indonesia

BERITA ISLAM
- Barangkali, ini pertama kali ada seorang tokoh ‘pulang kampung’ dijemput ribuan umat manusia. Kabarnya, bukan cuma umat Islam, non muslim pun banyak yang menggandrunginya . Adalah Habib Rizieq Shihab yang hari ini, Selasa (10/11/2020) tiba di Indonesia.

Habib Rizieq dan rombongan keluarga tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 10 November 2020, sekitar pukul 09.00 WIB. Uniknya, sejak dini hari, massa yang menyambut kedatangannya sudah memadati Bandara Soekarno Hatta.

Kemacetan juga terjadi di beberapa ruas jalan. Tak hanya sambutannya yang sangat meriah, kepulangan HRS memiliki sejumlah fakta menarik lain. Bukan hanya warganet, sejumlah tokoh juga turut buka suara terkait kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

Dikutip dari seputar Lampung, ada 5 fakta menarik terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia:

1. Diserang Hoaks, Dikabarkan Batal Pulang

Kepulangan HRS sempat menjadi kontroversi bahkan sempat muncul kabar bahwa ia dan keluarga batal pulang ke Indonesia. Beredar sebuah surat elektronik yang menyatakan bahwa Habib Rizieq beserta keluarganya tidak diperkenankan meninggalkan Arab Saudi.

Surat tersebut bertuliskan dari sebuah travel perjalanan Koonoz. Terkait dengan hal ini, Sekretaris Umum FPI Munarman menegaskan bahwa itu hoaks atau bohong.

“HOAKS. Ada pihak yang membuat akun palsu atas nama HRS, itu benar. Kemudian mereka berupaya menggagalkan kepulangan HRS,” ujar Munarman, Sabtu 7 November 2020.

2. Dikabarkan Dapat Hadiah Pesawat dari Raja Salman

Sebuah video berjudul “Hadiah terbesar dari Raja Salman Arab Saudi” dengan durasi sekitar dua menit beredar di Facebook beberapa waktu lalu

Dalam video itu, tampak sebuah pesawat sedang mendarat dan kemudian melaju di lintasan.

Saat berada di lintasan, terlihat di badan pesawat foto Habib Rizieq Shihab berpakaian putih yang dilengkapi tulisan Imam Besar Umat Indonesia di sampingnya.

Berdasarkan penelusuran ANTARA, cuplikan gambar tersebut merupakan video animasi yang telah beredar sejak 2017 di Internet.

Video animasi pesawat yang memuat gambar Habib Rizieq itu telah diunggah oleh akun YouTube AMF Channel pada 27 Desember 2017 dan akun YouTubeStudio Habibi pada 31 Desember 2017.

Dengan demikian, narasi yang menyatakan Raja Salman memberikan hadiah pesawat bergambar Habib Rizieq merupakan informasi yang direkayasa atau hoaks.

3. Ada isu akan segera ditangkap begitu tiba di Indonesia

Jelang kepulangan Rizieq Shihab, isu hangat penangkapan Rizieq Shihab kembali bergulir. Kasus hukum yang terjadi sebelum keberangkatannya ke Arab Saudi pada 2017 lalu, Rizieq Shihab terjerat dugaan kasus pornografi dan penodaan Pancasila dengan status tersangka.

Pihak Persaudaraan Alumni (PA) 212 menyebut bahwa kasus yang menimpa Rizieq Shihab telah diberhentikan atau sudah mendapat SP3.

Terkait dengan hal ini, Refly Harun berpendapat bahwa jika kasus yang menimpa Rizieq Shihab telah diberhentikan sebagaimana yang diberitakan PA 212, maka harus segera dihentikan spekulasi penangkapan Habib Rizieq.

“Habib Rizieq dengan spekulasi akan langsung ditangkap karena kasusnya. Padahal stop kasus yang menjerat Habib Rizieq, sudah di SP3. Jadi sudah diberikan Surat Perintah Penghentian Penyedikan,” kata Refly Harun, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 10 November 2020.

4. Massa yang menyambut kedatangannya sangat luar biasa

Massa yang menyambut kedatangan HRS sangat luar biasa. Bandara Soetta bahkan mulai pada sejak Selasa dini hari.

Terkait dengan hal ini, Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta aparat kepolisian tak bertindak berlebihan dalam mengantisipasi kepulangan Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa 10 November 2020.

Ia mengatakan, akan lebih baik jika polisi menganggap kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu sebagai sesuatu yang biasa sehingga tak perlu pengamanan yang berlebihan.

“Hanya karena ada eskalasi orang menjemput, iya, penjagaannya juga supaya ditingkatkan. Tetapi tidak usah berlebihan,” kata Mahfud dalam keterangan videonya, Senin 9 November 2020.

5. Kabar kepulangannya trending di jagad maya

Tagar #WelcomeBackIBHRS serta #WelcomeHomeHRS pun trending di sosial media khususnya Twitter.  Selain itu, tagar #SambutHRS juga turut meramaikan jagad Twitter pagi ini. (pikiran rakyat)

Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik Kedatangan Habib Rizieq di Indonesia"